SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS RFID DENGAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT (STUDI KASUS SMK IPTEK TANGSEL)

Agus Suharto, Maulana Majid

Abstract


Tujuan diselenggarakan Perpustakaan sekolah adalah untuk mengembangkan dan meningkatakan minat baca, literasi informasi, bakat dan kecerdasan (intelektual, emosional dan spiritual) peserta didik (siswa), pendidik (guru) dan tenaga kependidikan dalam rangka mendukung tujuan pendidikan nasional melalui penyediaan sumber belajar. Oleh karena itu perpustakaan harus berperan sebagai "learning resource center,". Saat ini  perpustakaan  sekolah tidak sedikit pengelolaanya masih manual dan    masih    mengandalkan    tenaga    personel    dalam pelayanannya,  seperti pada SMK Iptek Tangerang Selatan belum menerapkan sistem informasi untuk mendukung kelancaran operasional, sehingga masih  banyak hambatan dalam menciptakan sebuah perpustakaan yang mampu mendukung terwujudnya Knowledge Community di dunia pendidikan. Pada saat pelaporan  masih manual karena setiap hari harus melakukan rekap   data  peminjaman, rekap data kunjungan perpustakaan, dan penyampaian laporan bulanan dalam   bentuk   hardcopy   dan   softcopy (dalam bentuk Microsoft Excel).  untuk itu perlu menerapkan dan merancang Sistem Informasi Perpustakaan berbasis  Radio Frekuensi Identification (RFID). Perancangan  pengembangan sistem menggunakan metode RAD,  Penggunaan   teknologi   ini   hasilnya  lebih efektif   dan   efisien  karena dapat membantu pekerjaan di perpustakaan melalui fungsi sistem otomasi perpustakaan. 


Keywords


Sistem Informasi Perpustakaan;RFID;RAD

Full Text:

PDF

References


Elis Hernawati, S.T., M. K. (2018). APLIKASI PENDAFTARAN DAN PENERIMAAN SISWA BARU BERBASIS WEB (STUDI KASUS : SMPN 2 CIANJUR), 4(1), 131–139.

Fatimah. (2018). Perpustakaan, manfaat, Kelebihan dan Kekurangan. Jurnal Imam Bonjol, 2(1), 30–35.

Mulyati, S., Hidayat, R., & Lestari, I. D. (2015). Rancang Bangun Sistem Informasi Transaksi Peminjaman Buku Berbasis WEB Online pada Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Tangerang. Jurnal Teknik, 4(2), 34–39. Retrieved from https://jurnal.umt.ac.id/index.php/jt/article/view/382/270

Nurrohmah. (2018). UPAYA PERPUSTAKAAN DALAM MELESTARIKAN KHAZANAH BUDAYA LOKAL (Studi Kasus Perpustakaan “HAMKA” S D Muhammadiyah Condongcatur). Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 3(1), 74–84.

Pratiwi, M., & Kartika, D. (2016). Sistem Informasi Pengelolaan Kegiatan Simpan Pinjam Koperasi Pegawai Republik Indonesia ( Kpri ). Majalah Ilmiah UPI YPTK, 23, 77–90.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ristek Dikti

Kampus II

Jl. Pengasinan Tengah, Pengasinan, Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17115

STMIK PRANATA INDONESIA SK DIKTI No. 48/D/0/1999 TERAKREDITASI BAN PT

Link Belajar Online
pranata