Pengukuran Tingkat Kepuasan Pemanfaatan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran di SMK Negeri 2 Tangerang Selatan

Santosa Wijayanto, Ghema Nusa Persada

Abstract


Teknologi informasi di dunia pendidikan tumbuh dengan pesat seiring berkembangnya berbagai macam perangkat lunak atau software yang mendukung dalam kegiatan belajar mengajar di dalam lingkungan sekolah. Salah satunya media belajar yang dapat mendukung kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah yaitu dengan memanfaatkan e-learning dengan menggunakan aplikasi google classroom. Media ini sangat membantu pendidik dalam memantau kegiatan belajar peserta didik untuk penugasan, absensi, ulangan harian, diskusi dan kegiatan lainnya yang kesemuanya dapat dilaksanakan baik dilingkungan sekolah maupun diluar sekolah dengan tanpa tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kepuasan pendidik terhadap pengelolaan media pembelajaran melalui aplikasi perangkat lunak e-learning secara online dengan memanfaatkan google classroom. Pengumpulan data dengan menggunakan metode survey yaitu metode yang dalam melakukan pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner. Penelitian menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) untuk mengetahui tingkat kepentingan dan metode Customer Satisfaction Index (CSI) untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna.
Hasil penelitian berdasarkan metode IPA memiliki skor tingkat kesesuaian sebesar 98,53% dan dari hasil diagram kartesius dari 10 atribut terdapat 2 atribut yang memerlukan perbaikan dan peningkatan yaitu atribut cepat dalam mendistribusikan dokumen/materi dan sharing materi pembelajaran. Sedangkan perolehan hasil CSI berdasarkan atribut yang digunakan untuk menentukan tingkat kepuasan pendidik menggunakan google classroom menghasilkan angka 74,75% dengan kategori “puas”. Berdasarkan hasil kategori tersebut menunjukan bahwa penggunaan e-learning dengan memanfaatkan aplikasi google classroom mendukung kegiatan belajar mengajar (KBM) yang berada di sekolah


Keywords


— E-learning, Google Classroom, Customer Satisfaction Index, Importance Performance Analysis

Full Text:

PDF

References


Agung Tri Wibowo, Isa Akhlis, Sunyoto Eko Nugroho, 2014, Pengembangan LMS (Learning Management System) Berbasis Web untuk Mengukur Pemahaman Konsep dan Karakter Peserta didik, Scientific Journal of Informatics Vol. 1, No. 2.

Ahmad Sinnun, 2017, Analisis Kepuasan Pengguna LMS Berbasis Web Dengan Metode Servqual, IPA dan CSI, JURNAL INFORMATIKA, Vol.4 No.1 April 2017, pp. 146~154.

Gusti Ngurah Sastra Agustika, I G. A. Ayu Wulandari, I Nyoman Laba Jayanta, 2017, Importance-Performance AnalysisSebagai Alat Evaluasi Kualitas Pelayanan Pendidikan Tinggi(Studi Kasus FIP Universitas Pendidikan Ganesha), Journal of Education Research and Evaluation (JERE), Vol 1, No 4.

Irawan, H. 2002, Prinsip Kepuasan Pelanggan, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Jaya, H. 2012, Pengembangan Laboratorium Virtual untuk Kegiatan Praktikum dan Memfasilitasi Pendidikan Karakter di Smk, Jurnal Pendidikan Vokasi. Vol. 2(1): 81-90.

Liisa Firhani Rahmasari, Rita Nurmalina, dan Wahyu Budi Priatna, 2017, Analisis Sikap, Konsistensi dan Kepuasan Pada Teh Kotak Ultrajaya : AN EXPERIMENTAL MARKETING RESEARCH ON IPB AGRIBUSINESS MASTER OF SCIENCE STUDENTS, Magister Science of Agribusiness, Department of Agribusiness, FEM-IPB.

Lulu Dian Anggraini, Panji Deoranto, Dhita Morita Ikasari, 2015, Analisis Persepsi Konsumen Menggunakan Metode Importance Performance Analysis dan Customer Satisfaction Index, Jurnal Industri Vol 4 No 2 Hal 74 – 81.

Sri Andayani, 2018 Metode Importance Performance Analysis (IPA) untuk Menentukan Harapan Konsumen Toko Online Terhadap Kualitas Layanan Website, Prosiding SNST ke-9 Vol 1, No 1.

Stratford. Stratford-on-Avon District Council Customer Satisfaction Index. 2004. httpwww.stratford.gov.ukcommunitycouncil-805.cfm.htm.

Supranto J. 2001, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan, Bineka Cipta Jakarta.

Supranto, Johannes, 2006, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan PangsaPasar,PT Asdi Mahasatya, Jakarta.

Susilowati dan Tati Handayani 2015, Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan BOLT, EKONOMI DAN BISNIS, Volume 2 Nomor 2.

Tjiptono, Fandy., Gregorius Chandra, 2011, Service, Quality, & Satisfaction, Edisi 3 Yogyakarta:Andi.

Turino, Purwanto, Y. dan Soeleman, A, 2009, E-Learning Bahasa Inggris Berbasis web, Jurnal Teknologi Informasi, Vol. 5(2): 726-739.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ristek Dikti

Kampus II

Jl. Pengasinan Tengah, Pengasinan, Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17115

STMIK PRANATA INDONESIA SK DIKTI No. 48/D/0/1999 TERAKREDITASI BAN PT

Link Belajar Online
pranata